Pages

Senin, 09 Juni 2014

Contoh Laporan Prakerin di kantor pos

Contoh laporan prakerin (praktek kerja industri di kantor pos)

                 Praktek Kerja Industri) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan didunia usaha atau dunia industri yang relevan dengan dengan kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya. Dalam pelaksanaannya dilakukan dengan prosedur tertentu, bagi siswa yang bertujuan untuk magang disuatu tempat kerja, baik dunia usaha maupun didunia industri setidaknya sudah memiliki kemampuan dasar sesuai bidang yang digelutinya atau sudah mendapatkan bekal dari pembimbing disekolah untuk memiliki ilmu-ilmu dasar yang akan diterapkan dalam dunia usaha atau dunia Industri


Berikut saya lampirkan contoh Laporan Prakerin



LAPORAN PRAKERIN
DI KANTOR POS KEBASEN


PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI KANTOR POS KEBASEN 53172




========
DI ISI LOGO SEKOLAH
========






DI SUSUN OLEH :

            NAMA                                   : TARUNA WIDI SUSANTO
            NIS                                         : 257
            PROGRAM KEAHLIAN    : AKUNTANSI


DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BANYUMAS
SMK NEGERI KEBASEN
2012



I
HALAMAN PENGESAHAN PRAKERIN
UNTUK INSTITUSI





Halaman Ini Telah di Sahkan Dan Memenuhi syarat Pada
Hari                :
Tanggal           :
Tempat           : Kantor POS kebasen




Menyetujui,

    Pemimpin Institusi                                                              Pembimbing Institusi



         ISKANDAR                                                                          SUDIYONO














II

HALAMAN PENGESAHAN PRAKERIN
UNTUK SEKOLAH


Halaman ini telah disetujui dan di syahkan pada
Tanggal                       :                                                                                               Tempat                       : SMK NEGERI KEBASEN



Menyetujui,
    Kepala SMK Negeri Kebasen                                              Pembimbing


       Drs. Bambang Saptono                                                    Suryati M S.pd          
  NIP. 19650511 199203 1 008                                   NIP. 19690314 200801 2 017
                                               


           









III
HALAMAN PENGUJI

Laporan ini telah memenuhi syarat dan di Ujikan pada
Tanggal                       :                                                                                               Tempat                       : SMK NEGERI KEBASEN





                     Penguji 1                                                             Penguji 2


                 ___________                                                      ___________















IV

KATA PENGANTAR
Bismillahirrohmanirrohim
Segala puji syukur kami persembahkan kehadirat Allah Robbul ‘Alamin, shalawat serta salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW berserta keluarganya, sahabat serta pengikutnya sampai akhir zaman. Berkat inayah, rahmat dan hidayah-Nya, kami dapat melaksanakan PRAKERIN (praktek kerja industri) ini dengan baik, yang bertempat di PT. POS Indonesia (PERSERO) kebasen                               Prakerin merupakan salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir pada setiap Sekolah Menengah Kejuruan. laporan ini berguna sebagai salah satu syarat di dalam menentukan kelulusan bagi para siswa yang memperoleh atau melanjutkan sekolah kejenjang yang lebih tinggi bagian kejuruan diantaranya SMK Negeri Kebasen                                   Dalam pelaksanaan praktek kerja industri ini kami mendapat bantuan serta bimbingan dari pihak guru yang selalu membimbing selama kami bertugas juga dari pihak terkait lainnya.Untuk itu kami selaku siswa dan siswi pada kesempatan ini mengucapkan banyak terima kasih yang sangat mendalam kepada :
1.      Iskandar, selaku Pimpinan Perusahan yang telah memberikan izin kepada kami untuk melaksanakan tugas Prakerin di PT. POS Indonesia (Persero) Kebasen
2.      Sudiyono, selaku pembimbing di tempat prakerin
3.      Drs. Bambang Saptono selaku kepala SMK Negeri Kebasen
4.      Ratmiko Catur W.S.Pd selaku Penanggung Jawab Prakerin.
5.      Suryati S.Pd selaku pembimbing yang ditunjuk dari sekolah, serta seluruh staf guru dan staf TU yang membantu serta mendidik kami untuk melaksanakan kegiatan prakerin dengan baik.
6.      Kepada orang tua kami yang selalu memberikan motivasi serta dukungan baik secara moril ataupun materil dalam melaksanakan kegiatan prakerin.
7.      Kepada saudara dan teman-teman juga seluruh pihak yang telah memberikan dukungan dan bantuannya yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu, kami hanya bisa mendo’akan agar semua amal dan kebaikannya dapat diterima oleh Allah SWT. Amin .
Kami menyadari bahwa dalam penulisan laporan ini masih jauh dari sempurna karena kami masih dalam tahap pembelajaran, dan sebagai motivasi agar lebih baik dimasa yang akan datang kami mohon kritik dan saran dari semua pihak. Atas segala motivasi, kritik dan sarannya kami ucapkan banyak terima kasih. Semoga laporan ini bermanfaat untuk pembelajaran bagi kami dan adik-adik kelas kami.





V
DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL  ...................................................................................        I
HALAMAN PENGESAHAN UNTUK INSTITUSI.......................................       II
HALAMAN PENGESAHAN UNTUK SEKOLAH ......................................        III
HALAMAN PENGUJI .................................................................................        IV
KATA PENGANTAR...................................................................................        V            
DAFTAR ISI.................................................................................................        VI          


BAB I  PENDAHULUAN
A.  PENGERTIAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI.......................        1
B.   TUJUAN PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI...        2            
C.   WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN PRAKERIN.........        2  
D.  LATAR BELAKANG PRAKERIN..........................................        2
BAB II PENGENALAN INSTITUSI
A.  SEJARAH  BERDIRINYA INSTITUSI....................................        3
B.   STRUKTUR ORGANISASI INSTITUSI..................................        4    
C.   VISI MISI INSTITUSI.............................................................        4    
D.  TUJUAN INSTITUSI...............................................................        4            
BAB III PELAKSANAAN PRAKERIN
A.  MACAM-MACAM PEKERJAAN YANG DI KERJAKAN.....       5
BAB VI PENUTUP
A.  KESAN...................................................................................        7          
B.  PESAN....................................................................................        7       
C.   KESIMPULAN........................................................................        7


LAMPIRAN








VI
BAB 1
PENDAHULUAN

A.     PENGERTIAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
(Praktek Kerja Industri) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan didunia usaha atau dunia industri yang relevan dengan dengan kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya. Dalam pelaksanaannya dilakukan dengan prosedur tertentu, bagi siswa yang bertujuan untuk magang disuatu tempat kerja, baik dunia usaha maupun didunia industri setidaknya sudah memiliki kemampuan dasar sesuai bidang yang digelutinya atau sudah mendapatkan bekal dari pembimbing disekolah untuk memiliki ilmu-ilmu dasar yang akan diterapkan dalam dunia usaha atau dunia Industri. Alasan utama mengapa para siswa-siswi habus memiliki bekal ilmu pengetahuan dasar sesuai bidangnya agar dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri tidak mengalami kendala yang berarti dalam penerapan Ilmu Pengetahuan dasar yang kemungkinan besar dalam proses praktek kerja industri mendapatkan ilmu-ilmu baru yang tidak diajarkan di Lembaga Keju ruan terkait.
Indikator kemajuan perusahaan pada umumnya diukur dari kinerja keuangannya yang secara formal dan terjadwal disajikan dalam bentuk laporan keuangan untuk intern PT POS Indonesia (PERSERO), kinerja suatu kantor biasanya dinilai dari beberapa komponen yang terdapat dalam laporan seperti: pendapatan, biaya, perhitungan baik untung/rugi, Operating ratio (OR), dan tingkat pertumbuhan. Selain itu SDM-nya pun harus lebih ditingkatkan karena SDM merupakan aset perusahaan yang memengang peranan penting dalam kelangsungan usaha yang dikelolanya. Dalam hal ini tentunya SDM berperan sebagai perencana, pengawas dan pelaksana pengelola aset perusahaan lainnya.
Bagi PT POS Indonesia (PERSERO) khususnya kantor POS Kebasen 53172 jumlah SDM yang saat ini dimiliki sudah cukup memadai untuk mendukung operasional perusahaan hanya saja bila dibandingkan dengan SDM yang dimilki pesaing lain maka dari sisi kualitas profesionalisme dan intergritas masih perlu di tingkatkan lagi. Sehubungan dengan peningkatan kualitas, profesionalisme dan intergritas para pegawai.







1
B.     TUJUAN PELAKSANAAN PRAKERIN                                                     
·         Membentuk mental siswa-siswi agar mempunyai jiwa pekerja keras yang mampu konsisten.
·         Menambah pengetahuan siswa-siswi di masing-masing bidangnya.
·         Memberikan suatu motivasi dalam diri siswa-siswi agar menunjukan dirinya mampu melakukan pekerjaan sesuai dengan bidangnya.
·         Memberikan suatu wawasan tambahan pada siswa-siswi tentang sesuatu yang belum didapatkan di sekolah.
·         Sebagai pengalaman melatih diri dengan mengkaji konsep-konsep yang didapat.
·         Selama melakukan PRAKERIN siswa diharapkan terbiasa dengan dunia kerja, menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas sesuai dengan tuntutan zaman di era Teknologi Informasi dan Komunikasi.
·         Mengembangkan pemantapan profesionalisme yang diperlukan siswa untuk memasuki dunia usaha/kerja.
·         Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian professional yaitu tehaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, ketrampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
·         Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas professional.
·         Siswa mampu memahami, memantapkan dan mengembangkan pelajaran yang didapatkan di sekolah yang diterapkan pada dunia kerja/usaha

                                                           
C.     WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN PRAKERIN
Ø  Waktu Pelaksanaan Prakerin 1 JULI 2012 s/d 31 AGUSTUS 2012
Ø  Tempat Pelaksanaan Prakerin di Kantor Pos Kebasen                                                            
D.     LATAR BELAKANG PELAKSANAAN PRAKERIN                                                 Praktek Kerja Industri merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan bagi para siswa, yang memadukan antara pendidikan di Sekolah dengan pendidikan di Dunia Industri yang diperoleh dengan melakukan praktek kerja secara langsung dan terarah untuk menambah keahlian tertentu. Tujuan utama pendidikan kejuruan adalah mempersiapkan lulusan untuk dapat bekerja secara mandiri, prakerin sangatlah penting bagi siswa-siswi khususnya siswa SMK, dengan adanya prakerin siswa-siswi di harapan mendapatkan pengalaman, pengetahuan dan pembelajaran di dunia industri atau dunia usaha










2
BAB II
PENGENALAN INSTITUSI
A.   SEJARAH BERDIRINYA
                 Kedatangan belanda ke Indonesia yang dipimpin oleh Cornelis De Houtman pada tahun 1596 menjadi awal sejarah berdirinya     PT. POS Indonesia, karena telah ada kegiatan surat menyurat yang dilakukan pihak Belanda untuk raja di banten dan Jakarta. Selain itu mereka melakukan kegiatan surat menyurat dengan teman dan keluarga mereka yang berada di negeranya. Perhubungan POS pada waktu itu belum dapat dikatakan teratur karena untuk melakukan surat menyurat masih tergantung pada kapal kompeni
                 Kantor pos pertama berdiri oleh Gubernur Jendral G. W Baron Van Inhof tahun 1907 pertama kali didirikan POS Telegrap dan Telephone di Dienst. Peryataaan tersebut di ambil oleh angkatan muda PTT (AMPTT) dari pemerintah Jepang pada tanggal 27 September 1945 yang kemudian pada tanggal tersebut diperingati sebagai hari POSTEL
                 Dalam perkembanganya status pernyataan PTT barulah menjadi perusahaan Negara POS dan Telekomunikasi ( PN POSTEL ) berdasarkan peraturan pemerintah nomor 204 tahun 1961 tentang pendirian perusahaan Negara pos dan telekomunikasi terdapat di bandung dan mempunyai kantor cabang di seluruh Indonesia. Tahun 1961 berdasarkanperaturan nomor 204 tahun 1961 status jawaban PTT berubah menjadi Perusahaan Negara POS dan Telekomunikasi ( PN POSTEL ) kemudian dipindah fungsikan menjadi PN POS dan GIRO berdasarkan peraturan NO 29 tahun 1965, tahun 1978 lalu PT POS Indonesia (Persero)  pada tanggal 20 juni 1995 mempunyai arti penting bagi PT POS Indonesia karena keleluasaan untuk bergerak menjalankan bisnisnya sehingga mampu mengembangkan yang sejajar dengan identitas bisnis lainya.
                 Dengan jumlah pesaing lebih dari 5.000 instansi yang terdaftar maka PT POS Indonesia (Persero) harus mempunyai strategi dan terrencana untuk memperebutkan pasar bisnis dan logistic. Untuk itu pada awal tahun 2005, PT POS indenoseia (Persero) merencanakan pemodalan strategi korporat berupa transfortasi (komitmen seluruh jajaran perusahaan untuk melakukan dalam rangka meningkatkan nilai-niai di mata stakeholder). Bisnis PT POS indonesia (Persero) menatap masa depan perPOSan ini, yang telah mengembangkan infrastruktur untuk jangkapanjang yaitu dengan membangun NetworkProvider (jaringan penyedia) dan Service Provider (penyedia layanan) sebagai konferensi inti







3
B.     STRUKTUR ORGANISASI
C.    VISI MISI PT POS INDONESIA
Ø  VISI
      Menjadi perusahaan pos yang berkemampuan memberikan solusi terbaik dan menjadi pilihan utama stakeholder(pemangku kepentingan)domestik maupun global dlam mewujudkan pengembangan bisnis dengan pola kemitraan, yang didukung oleh sumber daya manusia yang unggul dan menjunjung tinggi nilai

Ø  MISI                                                                                                                      PT Pos Indonesia adalah memberikan solusi terbaik bagi bisnis, pemerintah, dan individu melalui penyediaan sistem bisnis dan layanan komunikasi tulis, logistic, transaksi keuangan, dan filateli berbasis jejaring terintegrasi, terpercaya dan kompetitif di pasar domestik dan global.                                                                                                                                     
D.  TUJUAN
        PT POS INDONESIA mempunyai tujuan memastikan pengontrolan dapat dilakukan baik oleh pihak konsumen sendiri, pengontrolan ini memerlukan biaya investasi yang cukup besar dalam usaha memodernisasi dan tidak tergantung pada "HUMEN RESOURCES" (sumber daya manusia) yang terlalu besar. Namun Turnover (pergantian) yang akan diterima dipastikan akan lebih besar karena tujuan utama dari sistem ini untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat dan pada akhirnya untuk membuat masyarakat Indonesioa loyal menggunakan PT POS INDONESIA



4
BAB III
PELAKSANAAN PRAKERIN

A.   MACAM-MACAM PEKERJAAN YANG DI KERJAKAN
No 
KEGIATAN
WAKTU
1.
Melayani publik  Membeli benda pos seperti materai, perangko, dan amplop
132 jam
2.
Melayani publik dalam pengambilan paket pos dan surat pos
4 jam
3.
Membantu publik mengisi form POS Remittance
5 jam
4.
Membantu publik mengisi form surat yang akan dikirim
2 jam
5.
Membantu publik mengisi form penerimaan uang melalui western union
8 jam
6.
Menulisi nomor resi pada setiap PPB dan PPKH
2 jam
7.
Membubuhkan cap stempel dan cap tanggal pada surat tanda terima pembayaran pensiun
8 jam
8.
Menempelkan surat tanda terima pembayaran pension yang sudah di cap pada daftar pembayaran pensiun
5 jam
9
Membubuhkan cap stempel dan cap tanggal pada SSP dan SSBP
1 jam
10
Membubuhkan cap pada resi pembayaran wesel pos
3 jam
11
Membubuhkan cap pada resi pembayaran wesel pos
9 jam
12
Membubuhkan cap pada resi pembayaran rekening listrik
18 jam
13
Membubuhkan cap pada resi pembayaran rekening PDAM
1 jam
14
Membubuhkan cap pada resi pembayaran setoran tabungan BTN
1 jam
15
Membubuhkan cap pada resi pembayaran angsuran Bussan Auto Finance (BAF)
2 jam
16
Membubuhkan cap pada resi pembayaran angsuran Nusa Surya Ciptadana (NSC)
1 jam
17
Membubuhkan cap pada resi pembayaran angsuran ADIRA Finance
2 jam
18
Membubuhkan cap pada resi pembayaran angsuran WOM Finance
3 jam
19
Membubuhkan cap pada resi pembayaran angsuran  Federal Internasional Finance (FIF )
2 jam
20
Membubuhkan cap pada resi pembayaran Summit Otto Finance
2 jam
21
Membubuhkan cap pada resi pembayaran angsuran Colombia Finance
10 menit
22
Membubuhkan cap pada resi pembayaran angsuran PT Suzuki Finance
10 menit




5

23
Membubuhkan cap pada resi pembayaran angsuran Mega Finance
10 menit
24
Membubuhkan cap pada resi pembayaran tagihan Telkom
2 jam
25
Membubuhkan cap pada resi pembayaran tagihan indovision dan top tv
30 menit
26
Membubuhkan cap pada resi pembayaran AORA TV
20 menit
27
Membubuhkan cap pada resi pembayaran Tagihan Telkomsel Postpaid
10 menit
28
Membubuhkan cap pada resi pembayaran Tagihan Indosat Matrix Postpaid
20 menit
29
Membubuhkan cap pada resi tanda terima pembayaran Premi Takaful
10 menit
JUMLAH
215 jam

 



















6

BAB IV PENUTUP

A.    KESAN
Mungkin pada saat di kantor pos, penyusun bisa bertemu dengan semua lapisan masyarakat di kecamatan kebasen dan melihat publik dengan berbagai masalah saat berada di kantor pos seperti kehilangan kartu resi, salah mencatat nomor NTP, salah memberikan uang, salah memberikan nomor NTP dan Pin saat penerimaan Uang, atau Ketinggalan resi-resi pembayaran dan itu semua membuat penyusun berkesan.
B.     PESAN                                                                                                           Untuk Sekolah
·         Sebaiknya dalam Pelaksanan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) sekolah selalu siap untuk mengsurve anak-anak didiknya dengan teratur, agar sekolah tau bagaimana peserta didiknya bertingkah laku di Dunia Industri.
·         Sebaiknya tempat prakerin di laksanakan di luar kota, agar siswa mendapatkan lebih  banyak pengalaman
·         Sebaiknya pemantauan siswa dilaksanakan secara teratur dan terurut                Untuk Institusi
·         POS sebagai penyedia jasa hendaknya tidak membeda-bedakan pelanggan maupun menerima keluhan dari berbagai kalangan masyarakat dengan tingkat sosial yang berbeda-beda.
·         Lebih memperhatikan kebersihan dan perawatan kantor

C.    KESIMPULAN
Dalam pelaksanaan PRAKERIN (praktek kerja industri) selama kurang lebih 2 bulan di PT POS Indonesia (PERSERO) kami mendapat suatu bekal ilmu yang sangat bermanfaat dan bekal ilmu tersebut dapat kami gali dan kembangkan sebagai bekal utama untuk terjun langsung ke dunia kerja industri dan dunia usaha yang akan kami hadapi dalam persaingan era nyata (persaingan bebas nyata mendatang). Selain itu PT POS Indonesia (PERSERO) kebasen juga ikut bekerja sama dengan badan-badan usaha lainnya untuk memberikan kemudahan bagi para pelanggan, misalnya untuk membayar pajak, telepon, dan sebagainya.   Secara garis besar ilmu yang telah kami dapat di PT POS Indonesia (PERSERO) dalam PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) di antaranya : Pemahaman tentang bagaimana pemecahan suatu masalah di dalam Dunia Kerja dan Dunia Usaha. Pemahaman tata cara managemen suatu perusahaan dalam Dunia Kerja dan Dunia Usaha. Menjadikan suatu dorongan, motivasi dan spirit untuk membuat usaha kerja sendiri atau mandiri di Dunia Kerja Industri dan Dunia Usaha. Pengetahuan sekaligus pengembangan di dalam keorganisasian terhadap bidang pengetahuan dan keahlian yang dimiliki. Memberikan bekal sekaligus mempersiapkan mental dan pengetahuan untuk perencanaan menghadapi tantangan maupun persaingan di Dunia Industri dan Dunia Usaha.

7