Praktek Kerja
Industri) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang
dilaksanakan didunia usaha atau dunia industri yang relevan dengan dengan
kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya. Dalam pelaksanaannya dilakukan
dengan prosedur tertentu, bagi siswa yang bertujuan untuk magang disuatu tempat
kerja, baik dunia usaha maupun didunia industri setidaknya sudah memiliki
kemampuan dasar sesuai bidang yang digelutinya atau sudah mendapatkan bekal
dari pembimbing disekolah untuk memiliki ilmu-ilmu dasar yang akan diterapkan
dalam dunia usaha atau dunia Industri
Berikut saya lampirkan contoh Laporan Prakerin
LAPORAN PRAKERIN
DI KANTOR POS KEBASEN
PRAKTIK
KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI KANTOR
POS KEBASEN 53172
========
DI ISI LOGO SEKOLAH
========
DI SUSUN OLEH :
NAMA :
TARUNA WIDI SUSANTO
NIS :
257
PROGRAM KEAHLIAN : AKUNTANSI
DINAS
PENDIDIKAN KABUPATEN BANYUMAS
SMK
NEGERI KEBASEN
2012
I
HALAMAN PENGESAHAN PRAKERIN
UNTUK INSTITUSI
Halaman Ini Telah di Sahkan Dan Memenuhi syarat Pada
Hari :
Tanggal :
Tempat : Kantor POS kebasen
Menyetujui,
Pemimpin
Institusi Pembimbing
Institusi
ISKANDAR SUDIYONO
II
HALAMAN PENGESAHAN PRAKERIN
UNTUK
SEKOLAH
Halaman ini telah disetujui dan di syahkan pada
Tanggal : Tempat : SMK NEGERI KEBASEN
Menyetujui,
Kepala SMK Negeri Kebasen Pembimbing
Drs.
Bambang Saptono Suryati
M S.pd
NIP. 19650511 199203 1 008 NIP. 19690314
200801 2 017
III
HALAMAN
PENGUJI
Laporan ini telah memenuhi
syarat dan di Ujikan pada
Tanggal : Tempat : SMK NEGERI KEBASEN
Penguji 1 Penguji
2
___________ ___________
IV
KATA
PENGANTAR
Bismillahirrohmanirrohim
Segala puji syukur kami persembahkan kehadirat
Allah Robbul ‘Alamin, shalawat serta salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada
Nabi Muhammad SAW berserta keluarganya, sahabat serta pengikutnya sampai akhir
zaman. Berkat inayah, rahmat dan hidayah-Nya, kami dapat melaksanakan PRAKERIN
(praktek kerja industri) ini dengan baik, yang bertempat di PT. POS Indonesia
(PERSERO) kebasen Prakerin
merupakan salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir pada setiap Sekolah
Menengah Kejuruan. laporan ini berguna sebagai salah satu syarat di dalam
menentukan kelulusan bagi para siswa yang memperoleh atau melanjutkan sekolah
kejenjang yang lebih tinggi bagian kejuruan diantaranya SMK Negeri Kebasen Dalam
pelaksanaan praktek kerja industri ini kami mendapat bantuan serta bimbingan
dari pihak guru yang selalu membimbing selama kami bertugas juga dari pihak
terkait lainnya.Untuk itu kami selaku siswa dan siswi pada kesempatan ini
mengucapkan banyak terima kasih yang sangat mendalam kepada :
1.
Iskandar, selaku Pimpinan
Perusahan yang telah memberikan izin kepada kami untuk melaksanakan tugas
Prakerin di PT. POS Indonesia (Persero) Kebasen
2.
Sudiyono, selaku pembimbing di tempat prakerin
3.
Drs. Bambang Saptono selaku kepala SMK Negeri
Kebasen
4.
Ratmiko Catur W.S.Pd selaku Penanggung Jawab
Prakerin.
5.
Suryati S.Pd selaku pembimbing yang ditunjuk dari
sekolah, serta seluruh staf guru dan staf TU yang membantu serta mendidik kami
untuk melaksanakan kegiatan prakerin dengan baik.
6.
Kepada orang tua kami yang selalu memberikan
motivasi serta dukungan baik secara moril ataupun materil dalam melaksanakan
kegiatan prakerin.
7.
Kepada saudara dan teman-teman juga seluruh pihak
yang telah memberikan dukungan dan bantuannya yang tidak bisa kami sebutkan
satu persatu, kami hanya bisa mendo’akan agar semua amal dan kebaikannya dapat
diterima oleh Allah SWT. Amin .
Kami
menyadari bahwa dalam penulisan laporan ini masih jauh dari sempurna karena
kami masih dalam tahap pembelajaran, dan sebagai motivasi agar lebih baik
dimasa yang akan datang kami mohon kritik dan saran dari semua pihak. Atas
segala motivasi, kritik dan sarannya kami ucapkan banyak terima kasih. Semoga
laporan ini bermanfaat untuk pembelajaran bagi kami dan adik-adik kelas kami.
V
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL ................................................................................... I
HALAMAN
PENGESAHAN UNTUK INSTITUSI.......................................
II
HALAMAN
PENGESAHAN UNTUK SEKOLAH ...................................... III
HALAMAN
PENGUJI ................................................................................. IV
KATA PENGANTAR................................................................................... V
DAFTAR ISI................................................................................................. VI
BAB I PENDAHULUAN
A. PENGERTIAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI....................... 1
B. TUJUAN PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI... 2
C. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN PRAKERIN......... 2
D. LATAR BELAKANG PRAKERIN.......................................... 2
BAB II PENGENALAN INSTITUSI
A. SEJARAH BERDIRINYA
INSTITUSI.................................... 3
B. STRUKTUR ORGANISASI INSTITUSI.................................. 4
C. VISI MISI INSTITUSI............................................................. 4
D. TUJUAN INSTITUSI............................................................... 4
BAB III PELAKSANAAN PRAKERIN
A.
MACAM-MACAM PEKERJAAN YANG DI KERJAKAN.....
5
BAB VI PENUTUP
A. KESAN................................................................................... 7
B. PESAN.................................................................................... 7
C.
KESIMPULAN........................................................................ 7
LAMPIRAN
VI
BAB 1
PENDAHULUAN
A. PENGERTIAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
(Praktek Kerja
Industri) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang
dilaksanakan didunia usaha atau dunia industri yang relevan dengan dengan
kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya. Dalam pelaksanaannya dilakukan
dengan prosedur tertentu, bagi siswa yang bertujuan untuk magang disuatu tempat
kerja, baik dunia usaha maupun didunia industri setidaknya sudah memiliki
kemampuan dasar sesuai bidang yang digelutinya atau sudah mendapatkan bekal
dari pembimbing disekolah untuk memiliki ilmu-ilmu dasar yang akan diterapkan
dalam dunia usaha atau dunia Industri. Alasan utama mengapa para siswa-siswi
habus memiliki bekal ilmu pengetahuan dasar sesuai bidangnya agar dalam
pelaksanaan Praktek Kerja Industri tidak mengalami kendala yang berarti dalam
penerapan Ilmu Pengetahuan dasar yang kemungkinan besar dalam proses praktek
kerja industri mendapatkan ilmu-ilmu baru yang tidak diajarkan di Lembaga Keju
ruan terkait.
Indikator kemajuan
perusahaan pada umumnya diukur dari kinerja keuangannya yang secara formal dan
terjadwal disajikan dalam bentuk laporan keuangan untuk intern PT POS Indonesia
(PERSERO), kinerja suatu kantor biasanya dinilai dari beberapa komponen yang
terdapat dalam laporan seperti: pendapatan, biaya, perhitungan baik
untung/rugi, Operating ratio (OR), dan tingkat pertumbuhan. Selain itu SDM-nya
pun harus lebih ditingkatkan karena SDM merupakan aset perusahaan yang
memengang peranan penting dalam kelangsungan usaha yang dikelolanya. Dalam hal
ini tentunya SDM berperan sebagai perencana, pengawas dan pelaksana pengelola
aset perusahaan lainnya.
Bagi PT POS
Indonesia (PERSERO) khususnya kantor POS Kebasen 53172 jumlah SDM yang saat ini
dimiliki sudah cukup memadai untuk mendukung operasional perusahaan hanya saja
bila dibandingkan dengan SDM yang dimilki pesaing lain maka dari sisi kualitas
profesionalisme dan intergritas masih perlu di tingkatkan lagi. Sehubungan
dengan peningkatan kualitas, profesionalisme dan intergritas para pegawai.
1
B. TUJUAN
PELAKSANAAN PRAKERIN
·
Membentuk mental siswa-siswi agar
mempunyai jiwa pekerja keras yang mampu konsisten.
·
Menambah pengetahuan siswa-siswi di masing-masing
bidangnya.
·
Memberikan suatu motivasi dalam diri
siswa-siswi agar menunjukan dirinya mampu melakukan pekerjaan sesuai dengan bidangnya.
·
Memberikan suatu wawasan tambahan pada
siswa-siswi tentang sesuatu yang belum didapatkan di sekolah.
·
Sebagai pengalaman melatih diri dengan
mengkaji konsep-konsep yang didapat.
·
Selama melakukan PRAKERIN siswa
diharapkan terbiasa dengan dunia kerja, menyiapkan sumber daya manusia yang
berkualitas sesuai dengan tuntutan zaman di era Teknologi Informasi dan Komunikasi.
·
Mengembangkan pemantapan profesionalisme
yang diperlukan siswa untuk memasuki dunia usaha/kerja.
·
Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki
keahlian professional yaitu tehaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan,
ketrampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
·
Meningkatkan efisiensi proses pendidikan
dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas professional.
·
Siswa mampu memahami, memantapkan dan
mengembangkan pelajaran yang didapatkan di sekolah yang diterapkan pada dunia
kerja/usaha
C.
WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN PRAKERIN
Ø Waktu Pelaksanaan Prakerin 1 JULI
2012 s/d 31 AGUSTUS 2012
Ø Tempat Pelaksanaan Prakerin di
Kantor Pos Kebasen
D.
LATAR
BELAKANG PELAKSANAAN PRAKERIN Praktek
Kerja Industri merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan dan
pelatihan bagi para siswa, yang memadukan antara pendidikan di Sekolah dengan
pendidikan di Dunia Industri yang diperoleh dengan melakukan praktek kerja
secara langsung dan terarah untuk menambah keahlian tertentu. Tujuan utama
pendidikan kejuruan adalah mempersiapkan lulusan untuk dapat bekerja secara
mandiri, prakerin sangatlah penting bagi siswa-siswi khususnya siswa SMK,
dengan adanya prakerin siswa-siswi di harapan mendapatkan pengalaman,
pengetahuan dan pembelajaran di dunia industri atau dunia usaha
2
BAB
II
PENGENALAN INSTITUSI
A. SEJARAH
BERDIRINYA
Kedatangan belanda ke Indonesia
yang dipimpin oleh Cornelis De Houtman pada tahun 1596 menjadi awal sejarah
berdirinya PT. POS Indonesia, karena
telah ada kegiatan surat menyurat yang dilakukan pihak Belanda untuk raja di
banten dan Jakarta. Selain itu mereka melakukan kegiatan surat menyurat dengan
teman dan keluarga mereka yang berada di negeranya. Perhubungan POS pada waktu
itu belum dapat dikatakan teratur karena untuk melakukan surat menyurat masih
tergantung pada kapal kompeni
Kantor pos pertama berdiri oleh
Gubernur Jendral G. W Baron Van Inhof tahun 1907 pertama kali didirikan POS
Telegrap dan Telephone di Dienst. Peryataaan tersebut di ambil oleh angkatan
muda PTT (AMPTT) dari pemerintah Jepang pada tanggal 27 September 1945 yang
kemudian pada tanggal tersebut diperingati sebagai hari POSTEL
Dalam perkembanganya status
pernyataan PTT barulah menjadi perusahaan Negara POS dan Telekomunikasi ( PN
POSTEL ) berdasarkan peraturan pemerintah nomor 204 tahun 1961 tentang
pendirian perusahaan Negara pos dan telekomunikasi terdapat di bandung dan
mempunyai kantor cabang di seluruh Indonesia. Tahun 1961 berdasarkanperaturan
nomor 204 tahun 1961 status jawaban PTT berubah menjadi Perusahaan Negara POS
dan Telekomunikasi ( PN POSTEL ) kemudian dipindah fungsikan menjadi PN POS dan
GIRO berdasarkan peraturan NO 29 tahun 1965, tahun 1978 lalu PT POS Indonesia (Persero)
pada tanggal 20 juni 1995 mempunyai arti
penting bagi PT POS Indonesia karena keleluasaan untuk bergerak menjalankan
bisnisnya sehingga mampu mengembangkan yang sejajar dengan identitas bisnis
lainya.
Dengan jumlah pesaing lebih
dari 5.000 instansi yang terdaftar maka PT POS Indonesia (Persero) harus
mempunyai strategi dan terrencana untuk memperebutkan pasar bisnis dan
logistic. Untuk itu pada awal tahun 2005, PT POS indenoseia (Persero)
merencanakan pemodalan strategi korporat berupa transfortasi (komitmen seluruh
jajaran perusahaan untuk melakukan dalam rangka meningkatkan nilai-niai di mata
stakeholder). Bisnis PT POS indonesia (Persero) menatap masa depan perPOSan
ini, yang telah mengembangkan infrastruktur untuk jangkapanjang yaitu dengan
membangun NetworkProvider (jaringan penyedia) dan Service Provider (penyedia
layanan) sebagai konferensi inti
3
B. STRUKTUR
ORGANISASI
Ø VISI
Menjadi perusahaan pos yang berkemampuan
memberikan solusi terbaik dan menjadi pilihan utama stakeholder(pemangku
kepentingan)domestik maupun global dlam mewujudkan pengembangan bisnis dengan
pola kemitraan, yang didukung oleh sumber daya manusia yang unggul dan
menjunjung tinggi nilai
Ø MISI PT Pos Indonesia adalah
memberikan solusi terbaik bagi bisnis, pemerintah, dan individu melalui
penyediaan sistem bisnis dan layanan komunikasi tulis, logistic, transaksi
keuangan, dan filateli berbasis jejaring terintegrasi, terpercaya dan
kompetitif di pasar domestik dan global.
D. TUJUAN
PT
POS INDONESIA mempunyai tujuan memastikan pengontrolan dapat dilakukan baik
oleh pihak konsumen sendiri, pengontrolan ini memerlukan biaya investasi yang
cukup besar dalam usaha memodernisasi dan tidak tergantung pada "HUMEN
RESOURCES" (sumber daya manusia) yang terlalu besar. Namun Turnover (pergantian)
yang akan diterima dipastikan akan lebih besar karena tujuan utama dari sistem
ini untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat dan pada akhirnya untuk membuat
masyarakat Indonesioa loyal menggunakan PT POS INDONESIA
4
BAB
III
PELAKSANAAN PRAKERIN
A.
MACAM-MACAM PEKERJAAN YANG DI KERJAKAN
No
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
1.
|
Melayani
publik Membeli benda pos seperti
materai, perangko, dan amplop
|
132 jam
|
2.
|
Melayani
publik dalam pengambilan paket pos dan surat pos
|
4 jam
|
3.
|
Membantu publik mengisi form
POS Remittance
|
5 jam
|
4.
|
Membantu publik mengisi form
surat yang akan dikirim
|
2 jam
|
5.
|
Membantu publik mengisi form
penerimaan uang melalui western union
|
8 jam
|
6.
|
Menulisi nomor resi pada setiap
PPB dan PPKH
|
2 jam
|
7.
|
Membubuhkan cap stempel dan cap
tanggal pada surat tanda terima pembayaran pensiun
|
8 jam
|
8.
|
Menempelkan surat tanda terima
pembayaran pension yang sudah di cap pada daftar pembayaran pensiun
|
5 jam
|
9
|
Membubuhkan cap stempel dan cap
tanggal pada SSP dan SSBP
|
1 jam
|
10
|
Membubuhkan cap pada resi
pembayaran wesel pos
|
3 jam
|
11
|
Membubuhkan cap pada resi
pembayaran wesel pos
|
9 jam
|
12
|
Membubuhkan cap pada resi
pembayaran rekening listrik
|
18 jam
|
13
|
Membubuhkan cap pada resi
pembayaran rekening PDAM
|
1 jam
|
14
|
Membubuhkan cap pada resi
pembayaran setoran tabungan BTN
|
1 jam
|
15
|
Membubuhkan cap pada resi
pembayaran angsuran Bussan Auto Finance (BAF)
|
2 jam
|
16
|
Membubuhkan cap pada resi
pembayaran angsuran Nusa Surya Ciptadana (NSC)
|
1 jam
|
17
|
Membubuhkan cap pada resi
pembayaran angsuran ADIRA Finance
|
2 jam
|
18
|
Membubuhkan cap pada resi
pembayaran angsuran WOM Finance
|
3 jam
|
19
|
Membubuhkan cap pada resi
pembayaran angsuran Federal
Internasional Finance (FIF )
|
2 jam
|
20
|
Membubuhkan cap pada resi
pembayaran Summit Otto Finance
|
2 jam
|
21
|
Membubuhkan cap pada resi
pembayaran angsuran Colombia Finance
|
10 menit
|
22
|
Membubuhkan cap pada resi
pembayaran angsuran PT Suzuki Finance
|
10 menit
|
5
23
|
Membubuhkan cap pada resi
pembayaran angsuran Mega Finance
|
10 menit
|
24
|
Membubuhkan cap pada resi
pembayaran tagihan Telkom
|
2 jam
|
25
|
Membubuhkan cap pada resi
pembayaran tagihan indovision dan top tv
|
30 menit
|
26
|
Membubuhkan cap pada resi
pembayaran AORA TV
|
20 menit
|
27
|
Membubuhkan cap pada resi
pembayaran Tagihan Telkomsel Postpaid
|
10 menit
|
28
|
Membubuhkan cap pada resi
pembayaran Tagihan Indosat Matrix Postpaid
|
20 menit
|
29
|
Membubuhkan cap pada resi tanda
terima pembayaran Premi Takaful
|
10 menit
|
JUMLAH
|
215
jam
|
6
BAB IV PENUTUP
A. KESAN
Mungkin pada saat di kantor pos,
penyusun bisa bertemu dengan semua lapisan masyarakat di kecamatan kebasen dan
melihat publik dengan berbagai masalah saat berada di kantor pos seperti
kehilangan kartu resi, salah mencatat nomor NTP, salah memberikan uang, salah
memberikan nomor NTP dan Pin saat penerimaan Uang, atau Ketinggalan resi-resi
pembayaran dan itu semua membuat penyusun berkesan.
B.
PESAN Untuk
Sekolah
·
Sebaiknya dalam Pelaksanan Praktek
Kerja Industri (PRAKERIN) sekolah selalu siap untuk mengsurve anak-anak
didiknya dengan teratur, agar sekolah tau bagaimana peserta didiknya bertingkah
laku di Dunia Industri.
·
Sebaiknya
tempat prakerin di laksanakan di luar kota, agar siswa mendapatkan lebih banyak pengalaman
·
Sebaiknya
pemantauan siswa dilaksanakan secara teratur dan terurut Untuk
Institusi
·
POS sebagai penyedia jasa hendaknya
tidak membeda-bedakan pelanggan maupun menerima keluhan dari berbagai kalangan
masyarakat dengan tingkat sosial yang berbeda-beda.
·
Lebih memperhatikan kebersihan dan
perawatan kantor
C. KESIMPULAN
Dalam pelaksanaan PRAKERIN
(praktek kerja industri) selama kurang lebih 2 bulan di PT POS Indonesia
(PERSERO) kami mendapat suatu bekal ilmu yang sangat bermanfaat dan bekal ilmu
tersebut dapat kami gali dan kembangkan sebagai bekal utama untuk terjun langsung
ke dunia kerja industri dan dunia usaha yang akan kami hadapi dalam persaingan
era nyata (persaingan bebas nyata mendatang). Selain itu PT POS Indonesia
(PERSERO) kebasen juga ikut bekerja sama dengan badan-badan usaha lainnya untuk
memberikan kemudahan bagi para pelanggan, misalnya untuk membayar pajak,
telepon, dan sebagainya. Secara garis
besar ilmu yang telah kami dapat di PT POS Indonesia (PERSERO) dalam PRAKERIN
(Praktek Kerja Industri) di antaranya : Pemahaman tentang bagaimana pemecahan
suatu masalah di dalam Dunia Kerja dan Dunia Usaha. Pemahaman
tata cara managemen suatu perusahaan dalam Dunia Kerja dan Dunia Usaha.
Menjadikan suatu dorongan, motivasi dan spirit untuk membuat usaha kerja
sendiri atau mandiri di Dunia Kerja Industri dan Dunia Usaha. Pengetahuan
sekaligus pengembangan di dalam keorganisasian terhadap bidang pengetahuan dan
keahlian yang dimiliki. Memberikan bekal sekaligus mempersiapkan mental dan
pengetahuan untuk perencanaan menghadapi tantangan maupun persaingan di Dunia Industri
dan Dunia Usaha.
7